Jangan di copas, ya!

Cuplikan pilihan (klik link untuk contoh) adalah hasil yang direkomendasikan oleh google kepada si pencari keyword karena artikel yang kita buat dinilai paling cocok untuk mereka. Jika anda sering menggunakan google, bisa dipastikan anda juga sering melihat hasil pencarian seperti ini.

cara masuk ke cuplikan pilihan google untuk blogger dan wordpress

Cuplikan pilihan berada 1 tingkat di atas hasil pertama dan halaman pertama google. Hampir mirip ketika anda mencari lirik lagu dan yang ditampilkan adalah hasil dari lyricfind.

Berbeda dengan posisi ketika blog kita berada di halaman pertama, posisi blog ketika masuk di cuplikan pilihan mungkin tidak selalu lama. Artinya, posisinya akan bergantian dengan blog lain yang mempunyai artikel dengan kualitas yang sama, dan ini bekerja otomatis ditentukan oleh mesin google.

Tapi tidak masalah, sekalipun tidak masuk di cuplikan pilihan, artikel kita tetap berada di bawahnya, masih di halaman pertama juga.

Bagaimana caranya agar artikel yang kita buat dapat masuk ke Cuplikan Pilihan Google ?

1. Menggunakan penomoran

Jika anda perhatikan dan boleh saya tebak, mungkin sekitar 70% hasil pencarian yang masuk ke cuplikan pilihan adalah artikel yang mempunyai penomoran seperti gambar di atas, atau bisa juga menggunakan urutan icon bulat, dan icon sejenis lainnya.

Tidak semua begitu dan tidak jaminan juga setiap artikel yang terdapat penomoran didalamnya pasti masuk ke cuplikan pilihan. Tapi yang sering terlihat adalah artikel yang menggunakan nomor urut, layaknya acara on the spot di Trans7. Dan penggunaan penomoran ini juga jadi salah satu cara yang paling mudah agar artikel yang kita buat bisa terpilih masuk ke cuplikan pilihan.

Mulai sekarang anda bisa mencoba untuk membuat jenis artikel yang berisi daftar tertentu, misalnya 5 penemuan paling baru, 5 resep rahasia memasak nasi dan lain sebagainya.

Penomoran bisa menggunakan standar seperti ini :

1 Nomor satu

2 Nomor dua

3 Nomor tiga

Atau dengan penomoran/list/huruf otomatis yang menjorok

  1. Huruf a
  2. Huruf b
  3. Huruf c

Atau dengan tag heading H4/H5/H6 yang ada di editor penulisan wordpress dan blogspot.

2. Menambahkan gambar di setiap penomoran

Selain untuk memperindah, tambahan gambar juga dapat memperjelas apa yang sedang ingin anda tunjukan, misalnya anda memberikan daftar nomor 1 berupa Film The Conjuring 3.

Tidak semua orang tau The Conjuring 3 yang seperti apa, dan tugas gambar yang anda gunakan adalah memberikan tambahan kejelasan kepada pembaca. Nilai plus buat anda.

Temukan tutorial lengkap dengan gambar dan tanda yang jelas menggunakan Buku Ngadsense. Klik disini untuk melihat selengkapnya.

3. Panjang artikel

Tidak begitu berpengaruh. Dan di setiap daftar yang anda buat juga tidak diwajibkan memilik penjelasan yang panjang.

4. Judul yang jelas

Hampir sama dengan standar penulisan lainnya, kejelasan judul jadi salah satu poin utama yang perlu diperhatikan juga. Jika di artikel biasa anda bisa menggunakan gaya judul clickbait, sepertinya ketika anda ingin masuk ke cuplikan pilihan, gaya penulisan menjebak ini tidak bisa digunakan.

Berikan kejelasan pada judul seperti “5 Film Akhir Tahun Paling Cocok Untuk Keluarga” dan di dalamnya anda memberikan daftar-daftar film yang paling disarankan menurut anda.

5. Alur

Terakhir tapi penting. Ketika anda ingin masuk ke cuplikan pilihan, pertimbangkan artikel yang user/human friendly daripada sekedar seo friendly. Buat seperti mengobrol tapi dalam aturan penulisan blog yang umum. Kenyamanan dari pembaca sangat diperhatikan disini, tidak terbatas pada kecepatan akses blog, tapi dari alur penulisan yang baik.

*Artikel yang sedang anda baca adalah kutipan dari Buku Ngadsense.

Temukan tutorial lengkap dengan gambar dan tanda yang jelas menggunakan Buku Ngadsense. Klik disini untuk melihat selengkapnya.

 

Kembali ke Atas